Kamis, 08 Oktober 2015

Printer IP2770 ialah printer yang kini banyak digunakan, Namun yang menjadikan masalah ialah keawetannya. Dari dulu kelemahan printer tipe Canon ialah dari Catridge-nya yang sangat sensitif. Jika terlalu sering digunakan akan jebol (tinta menetes terus menerus sehingga menyebabkan printer anda banjiiirr), namun apabila terlalu lama tidak digunakan tinta yang ada di ujung Head Catridge akan kering dan menyebabkan Catridge buntu sehingga tak dapat mengeluarkan tinta saat digunakan untuk mencetak dokumen. Permasalahan ini sangat sering saya alami selama beberapa kali memperbaiki atau men-service printer tipe Canon. Permasalahan yang lainya ialah selang infus yang tidak lancar sehingga hasil cetaknya jelek. Nah, untuk menghindari hal-hal tersebut diatas, alangkah baik dan amannya jika kita mengetahui bagaimana cara perawatan printer tipe Canon Khususnya Canon Ip2770 agar kita bisa menghemat kantong uang kita agar tidak terlalu sering mengganti Catridge yang harganya seharga dengan printer baru. Oke, inilah tips dan trik perawatan Printer Canon ip2700 menurut pengalaman yang sudah saya buktikan sendiri .

Printer Canon ip2770 tanpa Infus

1. Nyalakan printer setiap 3 hari sekali, dan Setelah hari ke-4 gunakanlah Print Test Page dan Nozzle Check untuk mengetahui kualitas Catridge anda, jika hasil cetak dari Print Test Page dan Nozzle Check menunjukkan menunjukkan gambar seperti dibawah ini maka, Alhamdulilah Catridge anda masih dalam keadaan Sehat Wal Afiat alias Normal. Namun, apabila tidak berarti perlu kita lakukan langkah-langkah perbaikan.

Print Test Page canon ip2770
Sumber : www.bekas.com (Print Test Page)

Nozzle Check printer canon ip2770
Sumber : tutorialsmu.blogspot.com (Nozzle Check)
2.Pastikan Catridge anda selalu terisi oleh tinta, lakukan pengecekan 1 atau 2 minggu tergantung dari frekuensi anda dalam mencetak dokumen. 

3.Pada saat menyuntikkan Tinta Kedalam Catridge pastikan ujung jarum menyentuh bagian dasar catridge, ini dilakukan agar udara yang terbawa oleh suntikan bisa keluar melewati bagian atas catridge.

Printer Canon ip2770 dengan Infus

1. Untuk memastikan kelancaran sirkulasi tinta pada selang infus pastikan anda memasang infus serapi mungkin, sehingga jalannya selang tidak terhalangi oleh apapun yang menyebabkan suplai tinta ke Catridge menjadi tidak lancar. Atau anda bisa menggunakan jasa pemasangan yang terpercaya yang dapat memasang infus printer dengan rapi.

2.Sama seperti Printer Canon ip2770 tanpa Infus,Nyalakan printer setiap 3 hari sekali, dan Setelah hari ke-4 gunakanlah Print Test Page dan Nozzle Check untuk mengetahui kualitas Catridge anda.

3.Sekali waktu amatilah tinta yang ada dalam tabung infus pada ruangan yang kecil, apabila indikator tinta pada ruang yang kecil lebih rendah dari ruang yang besar seperti gambar berikut, maka sirkulasi tinta anda masih dalam keadaan lancar. 
Tabung infus dengan sirkulasi tinta lancar
Sirkulasi tinta infus yang lancar
4. Namun apabila tinta yang ada di ruang besar dan kecil dalam posisi sejajar atau malah posisi indikator tinta yang besar yang lebih rendah maka itu menandakan bahwa sirkulasi tinta anda tidak lancar dan harus segera di lakukan langkah-langkah berikut :
a. Lepas penutup tabung yang ada dalam bagian atas untuk menetralkan aliran tinta pada infus
b. Lepaskan pula keni (sebutan untuk selang infus yang menancap di Catridge) dari Catridgenya untuk benar-benar menetralkan aliran Catridge.
c.Pasanglah kembali penutup tabung yang tadi anda lepas dengan posisi sesuai gambar diatas..
d.Lalu siapkanlah jarum suntik yang telah dilepas jarumnya, lalu persiapkan untuk memompa tinta dalam tabung infus agar mau turun menuju ke dalam Catridge.
e. Dalam posisi keni yang masih tertepas tadi pompalah secara perlahan sampai tinta turun menuju ujung keni.
f.Dekatkanlah Catridge tempat keni akan ditancapkan sesuai warna yang dilepas tadi. Lalu tancapkanlah keni kedalam Catridge.
g.Lepaskanlah Jarum suntik tadi dari atas tabung infus, dan seketika itupula dengan cepat tutuplah lubang tabung dengan penutup yang kecil agar tinta yang telah dipompa tidak masuk kembali kedalam tabung.
f. Lakukan langkah-langkah diatas pada warna-warna tinta lain pada tabung yang juga terlihat tidak lancar.
h.Nyalakan Printer dan lakukan test page atau Nozzle check lakukan cleaning beberapa kali jika doperlukan.
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!