Kamis, 02 Juli 2015

Asalamualaikum, wr.wb...
     Dalam usaha cetak-mencetak foto kebanyakan orang atau rental menggunakan Photoshop atau Corel Draw. Bagi mereka yang punya usaha cetak foto tentunya harus paham memang, kedua jenis Aplikasi tersebut yaitu Corel Draw dan Photoshop. Namun bagi kita yang awam, yang nggak ngerti gimana cara menggunakan kedua software grafis itu akan kesulitan-kan?. Nah, pada artikel kali ini K32 akan berbagi Tips Cara Mudah Cetak Foto dengan Microsoft Office word 2007 berdasarkan pengalaman kami sendiri yang juga melayani jasa cetak foto.Oke...jadi begini ...

Pertama, Siapkan foto yang akan dicetak.

Kedua, Copy paste foto yang akan dicetak tadi ke Microsoft Office Word 2007 atau 2010 kedua Aplikasi Office ini terlihat berbeda namun fungsi-fungsi peralatan didalamnya kurang lebih sama hanya saja letak dan tampilannya saja berbeda. Nah, kalau dalam artikel ini saya menggunakan Microsoft Office 2007 kalau sobat menggunakan Microsoft Office 2010 tinggal mengikuti saja inti dari fungsi peralatan yang digunakan dan mungkin letak peralatannya berbeda dengan Microsoft Office 2007.
Foto yang di copy paste ke MS Word 2007

Ketiga,  Gunakanlah fungsi Rectangle pada tab Insert --> Shapes.
Insert - Shapes - Rectangle

Lalu gambarlah sembarang kotak.. (Saat anda meng-klik Rectangle maka kursor mouse akan berubah menjadi tanda plus "+", Klik kedalam lembar dokumen MS Word 2007 tahan dan geserlah mouse sampai membentuk sembarang kotak)

Klik - tahan - lalu geser
Keempat,Gunakanlah fungsi Crop pada Ribbon tools di tab Format. Pilihlah daerah gambar yang akan di seleksi untuk di cetak dan eliminasi daerah gambar yang jelek atau tak ingin dicetak. Jika dirasa gambar sudah bagus maka langkah ini tak perlu anda lakukan.

Karena pada contoh kali ini saya akan mencetak foto dengan ukuran 3x4 maka saya menggunakan Crop untuk menseleksi daerah gambar yang tak perlu tercetak.
Crop
(Klik dahulu gambar anda agar tap Format muncul di atas, karena tab Format adalah fungsi khusus untuk gambar maka tab format akan hilang atau tidak aktif jika gambar tidak di klik).
Saat anda mengaktifkan Crop maka pada keseluruhan sisi pada gambar akan ada garis kecil hitam di tengah kiri-kanan-atas-bawah dan pojok. Tempatkan kursor ke salah satu garis tersebut dan geserlah kursor sesuai keinginan anda untuk menyeleksi daerah yang tidak ikut dicetak.
Hasil Crop
Kelima, Tentukan Ukuran Pencetakan Foto. Beberapa ukuran yang biasa digunakan adalah 2 x 3, 3 x 4, 4 x 6, 2R, 3 R, 4R, 5R, dan 10R. Klik kotak rectangle yang sudah anda buat tadi dan ubahlah ukuran rectangle tersebut sesuai keinginan anda.  Caranya dengan merubah Ukuran Panjang dan lebarnya pada Tab Format disebelah pojok kanan anda pada MS Word. Misal disini saya akan mencetak foto dengan format 3 x 4.
ubah ukuran rectangle menjadi 3 x 4

Keenam, Klik foto dan Ubahlah format foto anda menjadi In front Of text. Caranya Format > Text Wrapping > In front of Text.
Format > Text Wrapping > In front of Text.


Ketujuh,Klik kanan pada Rectangle yang sudah anda buat pilih Order > Bring to Front
Order > Bring to Front

Lalu klik kanan lagi pilih Format Autoshape... Fill > Color pilih No Color > OK

Format Autoshape... Fill > Color pilih No Color > OK

Kedelapan, Geserlah foto tersebut sesuai kotak rectangle yang sudah anda buat tadi, caranya dari pojok foto ada bulatan kecil klik dan geser sesuai ukuran rectangle, anda juga bisa menggunakan Crop agar gambar dapat sesuai ukuran.



Sekian.., Wasalamualaikum, wr.wb...
Categories:

1 komentar:

  1. Mau tanya yang di bagian format ke tujuh klik dimana yah. Soalnya saya sudah klik di format tapi ga ada ?

    BalasHapus

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!